Menuju Halal





Assalamualaikuuum ukhtiii... udah lama nih gak nulis cerita, eh tiba-tiba judul ceritanya udah begini aja hehehe...

Banyaaak banget yang tercengang dan kaget tiba-tiba gue ngabarin mau nikah dan tiba-tiba udah gue sebar undangannya hehehe... Sengaja emang gakmau umbar-umbar dulu prosesnya lagi juga gue pun gak nyangka bisa nikah dengan proses yang amat cepat dan singkat ini. Enak dong ya prosesnya cepet gak ada rintangan dan lancar aja ya?? Buat kalian yang berfikiran itu coba disimak cerita yang gue alamin, yang namanya orang nikah gak mungkin mulus-mulus aja dari A sampe Z pasti adaa aja trouble nya mau itu melalui taaruf ataupun udah pacaran sebelumnya.

Oke gue mulai cerita... Bermula dari tahun 2017 buanyaaakkk banget temen-temen seumuran yang udah pada nikah dan sepupu udah pada punya anak, dan pertanyaannya lu kapan nular juga?? Itu pertanyaan yang gakbisa dijawab dan agak kesel juga sih kalo nannya doang gak nawarin jodoh sekalian hahaha... Yang mana isi instagram banyak banget postingan pasangan baru nikah, prewedding, dan orang lahiran. Omaygaat bikin iri hati dan dengki kan ngeliatnya! Hehehe...

Dan disitulah gue dan beberapa temen sering dicekokin sharing untuk urusan wedding, setiap kita kondangan bareng yang dibahas adalah kira-kira mau tema weddingnya apa? Pake MUA (Make Up Artist), bajunya warna apa, chatering yang enak dimana? Dan sampe udah ngomongin soal urusan budget dan mau ngundang berapa orang. Wuihhhhh gilak gilak segitunya kan kitah hahaha...

Ngomongin urusan per weddingan udah dan hal yang paling penting lainnya adalah doa untuk disegerakan bertemu jodoh masing-masing dan memperbaiki diri udah pantas kah kita buat lepas tanggung jawab dari orang tua? Udah punya keahlian apa ya kita? Sampai dimana setiap orang yang pergi ibadah umroh gue selalu minta doa disegerakan bertemu jodohnya, ceileeh hehehe...

Gak disangka sangka doa pun terkabul di awal tahun bulan Januari 2018, untuk urusan jodoh Allah segera mengkabulkan dengan cepat doa gue. Yaaa gue dikenalin oleh mbah gue dan dengan proses taaruf yang mana jodohnya pun jauh daerah jawa timur sana dan kita pun LDRan (Long Distance Relationship) berkabar cuma lewat chat dan telfonan aja, awalnya gue belom langsung klik tapi dia berusaha untuk menyakinkan ini serius bukan main-main. Dan gue pun minta saran dan masukan yang paling penting adalah Ibu, karna restu ibu yang paling penting lalu gue minta saran sama temen deket lalu gue mulai mengistikhorohkan baiknya gimana. FYI buat kalian yang masih bingung jawaban istikhoroh itu kaya apa, gak selalu jawaban itu lewat mimpi yaa tapi bisa lewat keyakinan hati dan diperlancar si dia tidak menghilang gak ada kabar atau di dekatkan terus dengan si dia dan dimudahkan aja jalannya.
 
Di awal bulan yaitu bulan Februari gue bertemu pertama kali setelah sebelumnya cuma lewat chat dan telefon, gimana perasaanya? Disitu jadi tambah yakin perasaan dan keyakinan gue begitupun dia. Dan nyokap yang saat itu menemani gue pertemuan merasa cocok dan senang melihatnya, Alhamdulillah berarti jawaban istikhoroh gue bener gak salah pilih.

Setelah pertemuan itu di bulan berikutnya yaitu awal bulan Maret si dia beserta ibu dan pakdehnya dateng kerumah untuk lamaran, omaygaaat cepet banget kan ya prosesnya. Sebelum menuju proses lamaran adalah ya sedikit selisih pendapat ya wajar sih kita baru kenal dan LDR an pula.

Siapa bilang orang dengan proses taaruf yang lancar jaya gak ada permasalahan dan rintangannya? Gue pun mengalamin itu kok. Rintangan pertama dimulai saat setelah proses lamaran ada ajaaa permasalahan yang tadinya kecil lama-lama memebesar, hal sepele jadi salah faham, adanya rasa kurang kepercayaan, danyang lainnya. Disitu pun gue mencoba untuk sabar nanganin permasalahan itu sendiri tapi disitu gue goyah karna gakbisa nanganin sendiri gue mulai lah bercerita dan sharing bareng nyokap disitu kita bener-bener diuji soal permasalahan ini yang mana nyokap nasehat mungkin ini cobaan menuju pernikahan seperti ini. Selama 4 hari berturut-turut gue dan nyokap cuma bisa nangis bareng, gak napsu makan dan doa bareng perbanyak sholat sunnah mungkin ini godaanya setan menggoda anak adam mau menuju pernikahan ada kerikil-kerikilnya dulu, sampe gue kurus menghadapi permasalahan ini. Setelah berlarut-larut Alhamdulillah permasalahan selesai kembali normal lagi. Tapi itu belom selesai guys ada permasalahan kedua yang permasalahannya amaaat berat daripada yang pertama.

Permasalahan kedua adalah pucaknya dari permasalahan pertama, entah kenapa gue melihat diri dia bukan seperti yang gue kenal di awal. Disitu gue mencoba sabaaar ngadepin sendiri dulu gakmau liat nyokap nangis. Gue nangis curhat ke nyokap ini permasalahan apalagi? Kok Allah ngasih cobaan bertubi-tubi yaa setannya bener-bener kuat buat menguji gue.

Awalnya yang tau permasalahan ini cuma gue dan nyokap, tapi disini kita berdua bener-bener bingung harus gimana. Akhirnya cerita lah ke bapak, mbah dan kakak sepupu buat mencari solusi tentang permasalahan ini, dan meminta untuk menasehati si dia. Yaah you know lah perasaan wanita se sabar dan setegar apapun akan goyah dan rapuh dan disitulah perasaan gue seketika menjadi benci dan hilang sama sekali. Itu H-2 minggu loh disaat calon pengantin lainnya lagi seneng-seneng dan sumringahnya menyambut hari yang di tunggu-tunggu tapi disisi lain gue malah berbanding terbalik cuma ada rasa sedih sedih dan sedih...

Dan dipikiran gue cuma udah gak kuat buat nerusin ini semua, tertekan, takut melangkah kedepannya, lebih baik gue batal, gakpapa deh gue gakjadi nikah tahun ini mungkin emang belom qodarnya yang mana semua persiapan itu udah hampir rampung looh dan besokannya gue udah mengabari tukang dekor dan makeup buat batal in acara ini. Heeem.... yaaa semua pikiran-pikiran udah jadi satu dipikiran gue dan mengistikhorohkan kembali. Keadaan dirumah amat suntuk dan bokap mencoba mengajak kita sekeluarga untuk jalan-jalan ke Bandung.
Sepanjang perjalanan gue cuma bengong menghibur diri sendiri menikmati setiap perjalanan, berfikir lagi apakah bener langkah yang gue pilih? Egois gak sih gue buru-buru bilang batal? Ya walaupun lagi liburan tetep aja fikiran gue kemana-mana dan percaya gak percaya tiba-tiba di sepanjang perjalanan itu hati gue seperti dibolak balik oleh Allah dari yang mana perasaan benci, kesal dan tertekan seperti diputar memory positif yang dia perlakukan ke gue, yang baik-baik lah yang ada di pikiran gue seketika.

Besoknya setelah pulang dari liburan, dia dan ibunya dateng ke Jakarta untuk menemui dan minta maaf setelah mendapat banyak nasehat. Saling menerima satu sama lain dan dibukakan hatinya kembali.
Wooow... gue baru sadar dan paham kenapa banyak orang selalu berpesan dan berdoa untuk pasangan yang ingin menuju pernikahan dengan kalimat “Lancar barokah ya menuju  sampai hari H nya” gue kira lancar untuk menyiapkan sebuah acara yang sesuai apa kita rencanakan dan kita inginkan, ternyataaaa... bukan soal urusan acara aja guys tapi untuk urusan hati dan kesabaran menghadapi setiap masalah apalagi memecahkan masalah menuju pernikahan begini, kalian sudah siap kah terjun langsung menghadapi karakter calon pasangan kalian? soal menempatkan kedua keluarga baru kalian, saling tau atas kewajiban masing-masing disaat nantinya posisi kalian sudah berubah menjadi seorang istri yang akan toat dan mengurus kebutuhan suami begitupun juga sebagai seorang suami dan terjun langsung menghadapi kerikil-kerikil dalam setiap masalah urusan rumah tangga. Bener-bener pelajaran berharga sih sebelum dimulai babak baru.

And finally hari bahagia kami pun tiba.... next di judul blog berikutnya yaaa


Quotes buat kalian yang merasakan ujian menuju pernikahan akan kutulis beberapa point ya:
1a.  Sabar adalah kunci dalam setiap permasalahan
2b. Banyak berdoa dan perbanyak sholat sunnah karna ujian menuju pernikahan itu amat berat godaanya, karna sudah tertulis bahwasannya setan akan menggoda pasangan yang ingin menikah untuk menuju gagal
3 c. Setiap ada permasalahan cobalah untuk saling sharing terutama ibu, karna doa seorang ibu amatlah mustajab
4d. Saling percaya kepada pasangan
5e. Jangan merendahkan kekurangan pasangan kalian, saling support
6f. Kalian sudah memilih untuk menikah berarti bagaimana caranya kalian bisa mendewasakan diri dan tidak egois
7g. Jangan gengsi untuk minta maaf
8h. Jangan sungkan untuk memberi masukan kepada pasangan dan bisa menerima masukan dari pasangan kalian, karna itu adalah bentuk nyata pasangan kalian peduli untuk menjadi lebih baik lagi.

Komentar

  1. Ya alloh luv bangettt sama journey of your wedding semoga pernikahan kalian selalu romantis dan harmonis 💙💙💙

    BalasHapus
  2. Akhirnya yaaa sista ngerasain juga dagdigdugserrrr before marriage hahaha. Welcome to the real of games. Namanya hidup banyak tantangannya ya sist dijalanin aja step by step to the next level (dengan sabar tentunya) sampe tujuan hidup yang sesungguhnya okeeeyy muuaaccchh barokah for you both aamiin :*

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perjalanan Resolusiku di Tahun 2019 Part 2

Mencari Cerminan Diri